Belakangan ini, udara di Jakarta terik sekali. Aku jadi pingin bikin yang dingin-dingin. Nah, pas kemarin lewat salah satu pasar swalayan dekat KROMA yang menjual buah-buahan, aku tidak sengaja melihat sale pisang. Bukan pisang Sale ya, tapi memang pisang yang sedang diobral. Aku langsung teringat salah satu resep yang memang sudah lama kusimpan di Pinterest.

Dari alat dan bahan yang disiapkan, sebenarnya resep ini cukup sederhana. Tidak membutuhkan kemampuan luar biasa dan jaminan rasanya sudah pasti enak. Perpaduan coklat dan pisang memang sudah tidak asing lagi di lidah kita, yang terpenting adalah karena bikin ngiler. Resep ini sih kalau di Google namanya “Frozen Chocolate Banana”, tapi untuk versi kami, aku kasih nama “Banana Popcicle” ala KROMA!

Cara membuatnya juga mudah! Yang harus kita siapkan adalah cokelat masak, pisang, dan topping sesuai pilihan.

Pertama tama, siapkan pisangnya terlebih dahulu. Aku memotong pisang-pisang ini menjadi 2 bagian supaya tidak terlalu panjang. Setelah itu aku menusukkan stik es krim ke dalam pisang dan mengupas kulitnya. Kemudian masukkan pisang ke dalam freezer hingga beku.

Kemudian aku melelehkan cokelat masak. Aku menggunakan dark chocolate dan white chocolate yang aku dapatkan di minimarket. Ini nih bagian yang terlihat mudah tapi ternyata cukup susah! Pada percobaan pertama kemarin, coklat masak yang aku lelehkan kemarin ternyata terlalu kental, sehingga ketika aku mencelupkan pisang ke dalamnya, cokelatnya malah menggumpal…

Suhu tidak boleh terlalu panas ketika melelehkan cokelat. Aku menggunakan metode bain-marie atau dikenal juga dengan istilah waterbath atau double boiler. Cokelat dilelehkan di wadah yang ditaruh di atas panci berisi air mendidih. Cokelat ini akan meleleh karena uap panas dari air di bawahnya.

Tapi jangan khawatir, percobaan kedua berhasil dengan sukses kok! Aku menuangkan 1-2 sendok makan minyak sayur. Minyak ini akan membuat tekstur coklat lelehnya menjadi lebih silky.

Setelah itu, aku menyiapkan beragam topping. Aku memilih Rice Crispy Kellogg’s, Froot Loops Kellogg’s, Oreo, dan Chocolate Sprinkles Ceres. Supaya mudah, topping ini aku siapkan di piring-piring kecil.

Kalau semua persiapan sudah selesai, sekarang saatnya kita membuat Banana Popcicle! Pisang yang sudah dibekukan tadi kita celupkan ke dalam cokelat leleh. Setelah itu langsung gulingkan di topping pilihan kita sebelum coklatnya mengeras. Taburkan topping dsupaya merata.

Kita tidak perlu memasukkannya ke dalam kulkas lagi dan bisa langsung menyantapnya karena pisang sudah dalam keadaan dingin dan cokelat lelehnya langsung membeku! Prosesnya cepat kan? Tinggal celup-celup, langsung jadi deh camilan yang bisa langsung dilahap.

Nah, setelah tau betapa mudahnya membuat Banana Popcicle ala KROMA, jangan lupa buat versi rumahmu dan unggah fotonya ya! Jangan lupa tag @kroma.id dan hashtag #ResepRumahanKROMA supaya kami bisa tau siapa aja teman-teman yang berhasil juga.. hehehe.

Selamat mencoba!

Posted by:Dinar Yuni Angelita

Dinar (@dinaree) adalah kepala dari KROMA Kijen sekaligus penggagas menu-menu makanan yang ada di rumah. Dia senang bermain, mengumpulkan mainan, tapi tidak suka dipermainkan. Dinar ini sedang mencari sandaran hati. Walau ciri-cirinya belum bisa terdefinisi, Dinar selalu bahagia 'tuk menjadi diri sendiri. Semoga dia menemukannya suatu hari nanti.