Tanggal 8-9 Desember 2018 kemarin, Comma Books merayakan ulang tahun pertamanya di KROMA. Ini juga merupakan kali pertama kami dijadikan tempat untuk mengadakan pameran.

IMG_1824

IMG_1812

IMG_1815

A Little Pouse adalah sebuah rangkaian peluncuran karya sastra dan seni visual oleh Comma Books yang merupakan divisi penulis-penulis muda dan baru di bawah Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia dan berfokus pada perluasan perantara sastra dalam seni multidisipliner yang mencakup seni rupa, film, teater, dan musik.

IMG_1820

Acara yang diadakan di rumah kami kemarin bertujuan untuk menciptakan ruang bagi para penulis Comma Books. Mereka menampilkan karya melalui loka karya, sesi pembacaan, dan kolaborasi antara penulis, penerbit, desainer, musisi, hingga para pembaca. Mereka meluncurkan buku terbaru yang diproduksi dalam enam bulan terakhir, antara lain: Kelana (Famega Syavira Putri), seri Pujangga (Agung Setiawan, Edo Wallad, Farhanah, Waraney Herald Rawung), seri Emerging Writers (Andre Septiawan, Muhamad Wahyudi, Pratiwi Juliani), dan Biru dan Kisah-Kisah Lainnya (Rain Chudori).

Acara ini juga menampilkan petikan kalimat dari buku-buku Comma Books yang diterbitkan selama satu tahun terakhir, seperti: seri Self Portraits (Gratiagusti Chananya Rompas, Isyana Artharini, Theodora Sarah Abigail), Bagaimana Tuhab Menciptakan Cahaya (Raka Ibrahim), Imaginary City (Rain Chudori), serta Monsoon Tiger (Rain Chudori).

IMG_1829IMG_1830

Rangkaian lokakarya dipandu oleh para penulis Comma Books dengan konsep diskusi yang dekat dengan para peserta. Berbagai macam tema seperti identitas, bahasa, emosi, dengan macam media tulisan yang beragam, termasuk cerita pendek, esai, dan puisi.

IMG_1833

IMG_1844

IMG_1849

Pada acara peluncuran buku, ada juga pameran tipografi dengan kutipan terkurasi dari buku-buku terbitan Comma Books, Karya seni visual yang ditampilkan dalam acara ini merupakan kolaborasi antara Comma Books dan Contempt Studio. Di sesi ini juga ada pembacaan cuplikan tulisan para penulis dari buku mereka, dilanjutkan oleh sesi akustik dari para penampil, Deugalih dan Edo Wallad.

IMG_1842

IMG_1846

IMG_1848

Buku-buku terbitan Comma Books telah memenangkan beberapa penghargaan dan telah muncul di beberapa festival seperti Ubud Writers dan Readers Festival, Frankfurt Book Fair, dan London Book Fair. Terbitan Comma Books juga telah masuk dalam daftar best-selling nasional. Selama 2 hari kemarin, selain menjual buku, Comma Books juga menjual cindera mata mereka. Dari stiker, pembatas buku, notebook, sampai totebag.

Kami sangat senang bisa bertemu dengan Rain, Ditchy, Nisya, Gladhys, Dea, dan Hasan, orang-orang kreatif di balik Comma Books. Semoga bisa bertemu lagi di rumah kami!

Info lebih lanjut mengenai Comma Books dapat dilihat di www.thecommabooks.com dan @thecommabooks.

IMG_1819

Posted by:KROMA

We are build by a coming true dream. We have Kaffe, Kijen, Kiosk, and Klass as our main room to inspire and get inspired. To turn a 'house' into a 'home' for everyone is our greatest wish of all.