Apa sebenarnya arti capsule wardrobe yang disebut-sebut dari tulisan sebelumnya? Aku sendiri tidak pernah tau istilah capsule wardrobe sampai membaca tulisan Kak Nike di LivingLoving. Kalau menurutku capsule wardrobe adalah memanfaatkan pakaian yang tidak akan ketinggalan jaman yang dipadupadankan dengan aksen-aksen yang kekinian.

Kamu bisa memulainya dengan menentukan pola 5×5, 10×10, atau 15×15. Sebagai contoh: Pola 10×10 berarti 10 pakaian untuk 10 hari, pola 15×15 berarti 15 pakaian untuk 15 hari, dan seterusnya. Kalau aku menggunakan pola yang aku buat sendiri, yaitu 15x15x4, berarti 15 pakaian dalam 15 hari untuk 60 hari.

Lalu, bagaimana caranya memilih 5, 10, atau 15 pakaian yang ingin dipakai untuk projek ini?

Tabel Lemari Kapsul 2. Klik untuk mengunduh.
  1. Luangkan 1 hari penuh waktumu.
  2. Keluarkan semua pakaianmu dari lemari.
  3. Pilihlah pakaianmu sesuai dengan tabel Lemari Kapsul bagian 1.
  4. Masukan pakaian pilihanmu pada tabel Lemari Kapsul bagian 2.
  5. Kembalikan pakaianmu ke dalam lemari.

Setelah melakukan kelima langkah di atas, ada berapakah pakaian pilihanmu yang benar-benar kamu sukai? Apakah 5? 10? atau bahkan 30? Kamu yang tahu sendiri…

Kotak tambahan yang ada di tabel berguna jika kamu ingin menambahkan 1-2 atribut, tapi ingat yaaa, jangan jadikan ini alasan untuk belanja lho… Sesuaikan pakaianmu dengan tabel Lemari Kapsul bagian 1 pada tulisan sebelumnya.

Aku memilih 5 atasan, 3 bawahan, 2 luaran, 2 terusan, dan 3 pasang alas kaki. Perlu diingat bahwa, aksesoris seperti topi, perhiasan, jam tangan, tas, ataupun syal tidak perlu dihitung. Dengan bantuan si fotografer, Edward, kami membuat latar sendiri dan berfoto bersama.

Aku bisa tetap merasa nyaman walaupun aku memakai pakaian yang ini-ini saja. Kali ini, kamu akan mengetahui mana pakaian yang nyaman dengan kepribadianmu, mana pakaian yang benar-benar sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu. Pertimbangkan pula dengan keadaan cuaca supaya kamu tidak salah kostum hehehe

Contoh: Aku memilih 5 atasan, 3 bawahan, 2 luaran, 2 terusan, dan 3 pasang alas kaki.

Lalu bagaimana dengan nasib pakaian yang tidak terpilih? Tenang… Sehabis ini masih ada tulisan terakhir yang akan membahas tentang projek lemari kapsul ini.

Ternyata menguras lemari juga bisa jadi keseruan sendiri dan bikin kamu #betahdirumah, kan? Ternyata banyak pakaian yang bisa dimanfaatkan kembali, kan? Manakah pakaian kami yang paling cocok dengan gayamu? Silakan tuliskan pendapatmu di kolom bawah dan bagikan pengalamanmu ke kami yaaa!

\ Karya Macramé oleh @yessisetiarini dari @macku.gallery \ Sumber inspirasi http://livingloving.net, http://www.un-fancy.com, https://www.encircled.ca, http://www.stylebee.ca, https://anuschkarees.com
\ Lokasi KROMA 2F \
Posted by:Evelyn Gasman

Evelyn Gasman (@evelyngasman) adalah kepala dari KROMA Kiosk dan Klass. Orang yang suka kerajinan tangan, entah karena kerajinan, atau emang rajin beneran. Dia selalu senang bekerja di bidang kreatif. Dia merangkum kesukaannya dalam ABCD (art, branding, craft, dan design). Kerjaannya selain berkerajinan adalah mengurusi urusan produksi KROMA Kiosk dan Klass.

Leave a Reply