KROMA membuat pasar di dalam rumah? Pasar… di dalam… rumah? IYA, begitulah! Sebelum membayangkan ngerinya belanja ke pasar sendirian, sebaiknya kamu singkirkan pikiran itu sejauh mungkin karena pasar yang ini sangat menyenangkan!

Pada tanggal 24-25 Maret 2018 kemarin, dalam satu malam, rumah kami berubah menjadi pasar. Kami mengadakan bazaar di rumah—bernama ‘Pasaar Rumahan’—yang terletak di Jl. Panglima Polim V No. 25B untuk pertama kalinya. Tujuan dari acara Pasaar Rumahan adalah untuk mengumpulkan teman-teman kreatif untuk aktif dan produktif dalam kegiatan KROMA Kiosk dan Klass.

Kegiatan yang ada di dalam pasar itu sebagian besar adalah jual dan beli. Letak pasar pun pasti tidak jauh-jauh dari rumah. Itulah mengapa kami memilih tema ‘pasar’ untuk acara ini. Kami mendekor rumah kami dengan alat dan bahan seadanya. Kebanyakan dengan kertas koran yang hampir tidak terpakai lagi. Dan untuk pertama kalinya lagi, kami menjual produk-produk dari KROMA Kiosk berupa gantungan kunci, pin, dan tas jinjing.

Pertama kalinya kami menyebarkan poster acara ini, banyak teman-teman yang menanggapi kami dengan positif. Hal ini lah yang membuat kami percaya diri untuk mengundang 25 penghuni, mereka adalah Aesthetic Fabricanakayu & Made by MY, bits & bobs, Blueboots Farm, F I N E F O R M, Herbana, Honey Lane, Iverhill & Halomasin, Klen and Kind, Klokwerk, KOOLASTUFFA, Lacrou, Made by N & Mogumi, o s e m., Root Ceramic, Scintilla, Sekkha, Smitten by Pattern, S Q U A R E, Srou, Studio Siima, TEMA Tea, The Baby Birds, The Press Journal, dan Tie-a-Knot.

Ada beberapa teman seperti pernah terlibat sebagai tutor dalam KROMA Klass, diantaranya Aesthetic Fabric, Made by N, Sekkha, Srou, The Baby Birds, dan Tie-a-Knot. Kalau Klokwerk sih memang tempat langganan. Senang sekali jika bisa terus berkerja bersama!

KROMA Kaffe dan Kijen tetap buka untuk menyuguhi para tamu yang datang dari jam 8 pagi. Pada hari Sabtu, Pasaar Rumahan dibuka dari jam 10 pagi dan disambut dengan rintik hujan. Namun menjelang siang, hari sudah cerah. Para tamu mulai berdatangan sekitar jam 12:30 siang dan memadati ruang lantai 1 dan lantai 2. Ada yang langsung belanja, ada yang masih duduk-duduk santai di ruang tamu. Sekitar jam 14:30, kami memanggil Adriana Shinta & Feisal Syarief untuk naik ke atas panggung. Adriana dan Feisal pun berkeliling ke lantai 2 untuk menghibur seisi rumah ini. Tamu-tamu masih terus berdatangan sampai sore menuju malam.

Di hari Minggu, para tamu sudah berdatangan sejak jam 10:30 pagi. Kebanyakan dari tamu-tamu ini adalah perempuan. Ada juga laki-laki, hanya jalan-jalan sambil menemani, atau duduk santai di dalam, atau sambil merokok di luar. Saat hari menuju siang, hujan turun agak deras. Suasana di dalam rumah menjadi hangat dengan padatnya orang yang berlalu lalang. Sayang sekali, ada AC yang rusak di lantai 1, tapi tidak menahan keceriaan semua orang. Kali ini, kami memanggil Rachel Febrina & Seto Aji dari flore untuk kembali mendinginkan suasana. Masih ada banyak mobil yang berhenti di depan pintu dan menurunkan tamu-tamu. Parkiran penuh, penuh sampai tidak muat menampung kendaraan lagi.

Difoto oleh @judasjennar
Difoto oleh @pashagraph

Sebuah acara tentu akan semakin meriah dengan adanya musik. Kami mendatangkan 2 orang pengamen cantik, mereka adalah Rayssa Dynta dan Galabby Thahira yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya. Rayssa Dynta tampil dengan gayanya yang tenang sedangkan Galabby Thahira tampil dengan girang. Rayssa, menyanyikan lagu ‘Something About Us’ pertama kalinya dengan format akustik, ditemani oleh pemain gitar dan kajon. Galabby, dengan ‘Fakta Cinta’, ditemani oleh pemain gitar dan terompet. Masing-masing dari mereka dengan pesonanya yang luar biasa tentu memecah seisi rumah.

Terima kasih kepada para media Living Loving, Provoke!, Womantalk.com, Cerita Perempuan, Dear Moms, pendukung sistem suara Pabrik Suara, pendukung percetakan Astragraphia yang mendukung acara Pasaar Rumahan. Terima kasih juga kepada anak-anak kami Salis, Tito, Kiki, Marsya, dan Bang Sam atas semangatnya dalam menjalankan acara ini.

Mohon maaf jika masih banyak terdapat kekurangan selama berlangsungnya acara, semoga kami bisa mengadakan acara yang lebih baik lagi di lain waktu. Kami sangat senang bisa bertemu dengan teman-teman baru yang memiliki energi, visi, dan misi yang sama seperti kami. Kami pun berharap acara seperti Pasaar Rumahan ini bisa dijalankan secara rutin. Jangan sampai kelewatan, ya!

Lalu, apakah kamu semakin #betahdirumah? 😊

Posted by:KROMA

We are build by a coming true dream. We have Kaffe, Kijen, Kiosk, and Klass as our main room to inspire and get inspired. To turn a 'house' into a 'home' for everyone is our greatest wish of all.

Leave a Reply